Senin, 26 Januari 2015

Manfaat Kunyit Untuk Masalah Menstruasi

Hai Sahabat, bagaimana kabarnya? baik kan?! kali ini saya mau membahas manfaat kunyit untuk kesehatan dan akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya. Semua orang Indonesia pasti mengenal kunyit ya, yaitu tumbuhan keluarga rempah-rempahan yang berasal dari Asia Selatan. Tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah curcuma longa ini berwarna kuning oranye, bentuknya seperti jahe, dan beraroma khas. kunyit ini biasanya dikenal masyarakat indonesia sebagai pelengkap bumbu dalam berbagai masakan. Di samping itu kunyit juga dikenal akan khasiatnya yang luar biasa.

kunyit, manfaat kunyit, curcuma
Kunyit (curcuma longa)
Sekarang saya akan bercerita tentang pengalaman saya, saat itu saya mengalami masalah menstruasi, sudah satu bulan lebih saya mengalami terlambat menstruasi. Masalah tersebut mungkin di sebabkan karena stres, waktu itu memang pekerjaan kantor sedang over, hingga menyebabkan kondisi psikologi saya tertekan. Kemungkinan lain karena obat-obatan dari dokter klinik kecantikan yang baru saya gunakan. Ya, waktu itu saya baru saja pindah dari klinik A ke klinik B, untuk tujuan perawatan wajah. Jadi produk-produk yang saya gunakan pun juga harus ganti semua. waktu itu saya sempat panik. Pasalnya saya ini termasuk perempuan yang memiliki siklus haid teratur. Saya pun langsung konsultasi dengan dokter klinik dimana saya melakukan perawatan. Dokternya tidak bilang apa-apa hanya meminta saya meneruskan pakai obatnya, kalau nanti masih tidak haid juga, maka akan ada pemeriksaan lebih lanjut dan akan diminta menghentikan pemakaian krim dari klinik tersebut. 

Kemudian saya cerita kepada teman-teman di kantor tentang keluhan saya itu, saat itu salah satu dari teman menyarankan saya untuk minum rebusan air kunyit. Saya ikuti saran temen saya tersebut. Di rumah saya ambil beberapa kunyit, saya kupas dan parut, kemudian saya rebus dengan air satu gelas, saya tambahkan sedikit gula, lalu saya minum saat hangat-hangat kuku. Dan hasilnya sehari setelah saya minum air kunyit tersebut alhamdulillah saya langsung haid. Sejak saat itu saya minum kunyit saat menjelang menstruasi atau hari pertama saya menstruasi. Kunyit bisa memperlancar menstruasi hal ini karena kunyit bersifat mengencerkan darah.

Selain itu kunyit juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya, seperti mencegah peradangan juga sebagai antioksidan. Sebagaimana ditulis dalam situs Wikipedia yang menyebutkan bahwa bebarapa ilmuan dari Universiti Tel AvivIsrael mendapati kunyit mempunyai sejenis bahan aktif yang dikenali  sebagai curcumin, dalam dosis yang tinggi kunyit mampu melawan peradangan. Menurut Dr. Shahar Lev-Ari dari Fakulti Kesihatan Awam, Perubatan Sackler Univeristi Tel Aviv, mendapati Curcumin mampu melawan kanker apabila digabungkan dengan sejenis obat anti radang yang lain. Curcumin bertindak menetralkan dan memusnahkan radikal bebas sebagai faktor penyebab utama kepada perwujudan sel-sel kanker.

Nah, Sobat sudah tau kan manfaat kunyit untuk kesehatan, selain murah dan mudah didapat ternyata juga banyak manfaatnya. Tetapi jangan berlebihan ya. Karena yang berlebihan pastinya juga tidak baik. Cukup sebulan sekali saja. Semoga bermanfaat.



7 komentar:

  1. betul, tapi kunyit lebih alami tanpa bahan pengawet hehe.. :)

    BalasHapus
  2. Memang kunyit ni banyak manfaatnya yah mbak selain bwt pewarna alami,tidak diragukan lagi. slm kenal mbak.

    BalasHapus
  3. Banyak bgt manfaat kunyit ni, ternyata juga bisa melancarkan menstruasi. makasih infonya mbak.

    BalasHapus
  4. hu'um, beruntung di negara kita kunyit mudah didapatkan. salam kenal juga trimkasih kunjungannya :)

    BalasHapus
  5. Kalau jamu kunyit kira2 sama juga gak khasiatnya mba?

    BalasHapus
  6. Kalau khasiatnya insyaallah sama, asal bahan utamanya kunyit asli :)

    BalasHapus