Jumat, 08 Mei 2015

Cara Membersikan Cache di Android



Bagi teman-teman yang akrab dengan dunia teknologi informasi dan sejenisnya pasti istilah cache sudah sangat akrab sekali,  tapi bagi kita-kita yang masih awam mungkin akan bertanya-tanya apa sih cache itu? Dan apa kegunakaannya? Nah di sini saya akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai apa itu cache. Menurut Wikipedia Cache berasal dari kata “Cash” yaitu suatu tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan data sementara. Cache merupakan mekanisme penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sering di akses. Cache adalah sebuah memory yang dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data yang pernah di akses. Sehingga apabila ingin mengakses data yang sama maka proses akan bisa lebih cepat jika data  yang dicari telah ditemukan pada cache, tetapi jika tidak ditemukan pada cache maka prosesor akan mencarinya di RAM yang berkecepatan lebih rendah.

Cache pada dasarnya memang membantu percepatan proses transfer namun disisi lain juga membebani memori. Karena bersifat sementara data-data pada cache ini juga bisa kadaluarsa dan rusak oleh karena itu cache perlu dibersihkan supaya tidak mengganggu sistem aplikasi android dan aplikasi kembali bersih dan segar. Ada dua cara menghapus cache yaitu dengan cara manual maupun dengan aplikasi. Contoh aplikasi untuk membersikan cache adalah Clean Master. Di sini saya akan menjelaskan cara yang pertama yaitu dengan cara manual dimana cara ini menggunakan tool bawaan yang disediakan oleh sistem android tanpa harus menginstal aplikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Menu > Setting/Pengaturan

Cara menghapus cache,
Gambar 1 pilihan menu


  • Application Manager / Manajer Aplikasi
cache, hapus, cara menghapu cache.
gambar 2 Application Manager

  •  Pilih aplikasi yang ingin di hapus (contoh: saya memilih aplikasi BBM)

cache, cara menghapus cache, aplikasi
Gambar 3 Pilihan Aplikasi

  • Hapus Cache/ hapus Memori
cache, hapus, aplikasi, clear cache
Gambar 4 Clear Cache




Nah, setelah itu anda bisa mengulanginya menerapkan cara yang sama pada aplikasi lainnya. Itulah sedikit pengetahuan tentang cara menghapus cache yang bisa saya bagikan kepada teman-teman. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan. Namun apabila ada kekurangan dan kesalahan, saya mohon maaf dan siap menerima kritik dan saran dari teman-teman semua. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. J  




6 komentar:

  1. mantap mbak tutorialnya... Btw bisa coba aplikasi Clean Master untuk membersihkan cache dan file sampah yang ada di perangkat Android. :)

    BalasHapus
  2. iya mas... sudah pernah pake clean master praktis tinggal sentuh menu pembersihan aja udah otomatis ya?

    BalasHapus
  3. Mantap mba, sekedar saran pakai Clean Master lebih bagus. Karena lebih mudah membersihkannya

    BalasHapus
  4. Betul sekali Mas Marcel, pakai aplikasi clean master memang lebih efektif, juga sudah saya sebutkan di atas :)

    BalasHapus
  5. Bagus nih informasinya Mbak... :)

    BalasHapus
  6. Trimakasih Semoga bermanfaat ya :)

    BalasHapus